Shuttle Make You 'Gatel' - Part II

Yak, sampe juga dihari kedua jadi kang shuttle.

Cerita hari pertama bisa dilihat disini: KLIK!



Karna hari pertama banyak banget kejadian apes, gue udah janji sama diri sendiri, hari ini harus lebih baik dan gue nggak mau di  omel-omelin sama ibuk-ibuk itu lagi gue udah janji sama diri gue sendiri. Pokoknya harus lebih baik. Titik.


Ternyata takdir berkata lain…


Nasib sial belom berhenti sampe disini dan belom berhenti begitu aja. Masih ada aja keapesan yang gue terima. Padahal minggu lalu gue abis cukur bulu ketek, itung-itung ngurangin sial dan ngurangin erosi diketek gue yang siap jadi salah satu penyebab global warming di dunia.

Dimulai dari bangun. Gue dan Meiza kesiangan. Bener-bener kesiangan.
Sebenernya alarm udah manggil-manggil dari jam 4 pagi. Gue udah bangun, terus gue snooze. Terus gue bangunin Meiza..

Gue: “Ja, bangun ja. Udah jam 4 ini..”
Meiza: “Ngehh… 5 menit lagi ya?”
Gue: “Hah? Yaudah deh ayok.”

Lalu gue tidur dalam posisi duduk sambil senderan ke tembok kamar.









Sekarang gentian alarm meiza yang bunyi dan dia bangun..

Meiza: “Meik, bangun meik..”
Gue: : “Ah, gantian tadi 5 menit elo sekarang 5 menit gue ya..”
Meiza: “Oh iya, yaudah deh”

Lalu kita tidur lagi tanpa merasa bersalah dan akhirnya bangun jam setengah 5 pagi dan kita kelabakan.

Bener-bener kelabakan. Sampe-sampe bingung siapa yang mau mandi duluan, gue dulu apa Meiza dulu. Gue selalu pilih mandi kedua, karna selama Meiza mandi gue bisa tidur lagi. Muheuheuheuheueuehe..


Setelah mandi dan dandan wangi kita berangat ke stasiun. Suasana stasiun pagi ini bener-bener hardcore.

Penuhnya melebihi konser uweuwueuweee yang lagi pada moshing. Ini bener-bener separah-parahnya gue naik kereta. Karna dari awal masuk yang bisa gue lakukan adalah berdiri, meluk tas dan tangan pegangan ke pacar pegangan dikereta. Penuh banget. Banget.


Udah penuh sesek, tiap berenti di stasiun masih aja ada yang naik ke gerbong gue. Ada lagi ibu-ibu yang baru naik mau pegangan tangan ke bagian jedela kereta, karna posisi dia yang disamping gue, kepala gue langsung otomatis miring 45drajat selama separuh perjalanan.


What…


Cobaan apalagi yang engkau berikan ya Tuhaaaan…

Gue selalu mencoba buat ngelurusin kepala biar posisi gue lebih nyaman. Tapi apa mau dikata, semakin gue ngelurusin kepala semakin keteken pula kepala gue. lama-lama posisi gue berdiri kayak orang yang di iklan Mizone gitu dan gue berharap ada tukang Mizone yang bisa bikin badan gue nggak miring lagi.. :’’(




Selama bermiring-miring ria gue Cuma bisa pasrah mau ke dorong ke kanan, ke kiri, ke depan, ke belakang, mie satu dua tiga, mie tiga dua satu, mie gulung-gulung-gulung, mie gulung-gulung-gulung…… gue pasrah.

Setidaknya gue merasa bersyukur kedempet-dempet gini pas masih pagi-pagi, bayangin kalo lo dempet-dempetan di kereta pas jam orang-orang pulang kerja. Lahar panas dari hutan rimbun yang bernama ketek siap melahap kebahagiaanmu dalam sekali hirup. Hati-hati, gais! Ini lebih bahaya daripada asap di hutan Riau. Ini lebih mematikan daripada bisa ular kobra, ini adalah cairan memabukkan bernama keringet ketek.

Kalo dempet-dempetnnya pagi begini lo masih (rada) selamat. Karna yang lo cium adalah aroma huta rimba yang dikasih fogging deodorant. Kalo dia lupa cuci muka yaa berarti ditambah aroma air liur yang mongering di bagian wajah. Kalo dia lupa sikat gigi ya berarti ditambah aroma daging rendang yang mulai membusuk disela gigi.

Ya pokoknya begitu deh.

Lama-lama gue mau sewa 1 gerbong aja deh khusus buat gue dan mas-mas alis ulet bulu.
Selesai sudah cerita di kereta finally gue sampe di stasiun juanda terus naik taxi sampe depan JIExpo.


Shuttle pagi hari selalu bikin gue degdegan. Karna shuttle pagi ini pasti gue ketemu sama ibu-ibu jawa tengah yang lupa nyamain jam-nya jadi WIB. Gue bener-bener takut banget di marahin lagi.


Akuuu takuuuuut pulaaang kerumaaaaah…. Akuuuu takuuuut dipukuuul ayaaaaah…. Teroreeeng toreeeeng…..


Begitu sampe gue langsung telepon bapak Sute, supir bus yang nganterin gue jemput rombongan.

Gue: “Haloooo, pak udah stand by di parkiran belum?”
Pak Sute: “waaah, hari ini saya diganti nih mbak. Yang gantiin temen saya.”
Gue: *DEG*

Bencana di mulai setelah gue tutup telepon gue ke pak Sute.

Supir pengganti pak Sute ini mirip banget sama comedian haji Bolot. Bener-bener mirip dari mulai mukanya, gaya ngomongnya, sampe-sampe kekurangan pendengarannya………………………………

Bapak supir yang kedua ini namanya pak……..pak siapa ya gue lupa. Kita anggap aja namanya pak Bolot.

Nah, Pak Bolot ini ternyata belum tau hotel yang mau kita datengin itu dimana. Gue kasih tau alamat lengkapnya. For your information, gue paling nggak bisa ngapal jalan yang baru beberapa kali gue lewatin.

Bener-bener nggak bisa. Entah kenapa semua jalanan dimana-mana kalo mat ague yang liat jadi sama semua, yaudah akhirnya belok-belok aja kalo kemana-mana. Payah ya..

Gue udah (sedikit banget) hafal sama jalan menuju hotel jadi begitu belokan ke hotel gue bilang bapak supirnya.

Gue: “Pak, itu di depan yang ada plang-nya belok kiri ya.”
Pak Bolot: *diem*
Gue: “Pak, belok kiri pak.”
Pak Bolot: *diem*
Gue: “Pak itu depan belok kiri pak kalo lurus nggak ada jalan buat bus.”
Pak Bolot: *arahin kemudi lurus*
Gue: *desperate*
Satpam: “Wey, belok. Lewat sana nggak ada jalan wey!”
Pak Bolot: “Yah, lurus nggak ada jalan neng”
Gue: “YAKAN TADI SAYA UDAH BILANG BELOK KE KIRI PAAAK… DEPAN BELOK KIRIIIIHHHH….”
Pak Bolot: “Hah? Heheheee…”





Asem.



Begitu gue sampe lobby ternyata udah banyak juga yang nunggu bus. Dan ada si ibuk-ibuk jawa tengah. Dia nyamperin gue dan bilang:

“kamu hati-hati lhho kalo mbawa orang, ini isinya petinggi semua ini lhooooh.”
“Iya ibu, pasti.” Gue tersenyum semanis (dan se-fake) mungkin.

Yak setelah  bus terisi penuh gue jalan menuju JIExpo. Gue degdegan sepanjang jalan, bakal ada kejadian horror apalagi yang bakal terjadi setelah sampe di JIExpo…

Ternyata horror.






Horror banget.

Lebih horror dari muka pengawas ujian.

Lagi-lagi si bapak supir kesayangannn voldemort ini berulah lagi. Hamper mau sampe di pintu masuk JIExpo, dia malah salah belok.. yang harusnya lewat bawah jembatan flyover, eh dia malah naik ke atas jembatan flyover.

Gue yang udah ngingetin buat LEWAT BAWAH FLYOVER bukan LEWAT ATAS FLYOVER cuma bisa mengheningkan cipta sambil senderan ke bangku bus. Aku siap di makan hidup-hidup sama para bule yang kelaparan dan ibuk-ibuk jawa tengah yang mau jadiin tuang gue kayu buat bikin lemari di pameran.

Karna salah belok itu, bus gue jadi muter-muter nggak karuan kemana-mana. Gue Cuma bisa diem. Udah nggak tau lagi mau ngapain.




Setelah muter-muter, akhirnya sampe juga di JIExpo. Gue takut banget mau turun, pasti gue kena nih. Pasti nih.

Ternyata bener…….

Begitu gue ucapin,

“Have a nice day” dengan senyum yang ngembang semengembang bolu kukus.

Ibu 1: “Aduhhh, ini gimana sih lhooo kok saya di puter-puter begini.”
Gue: “Mohon ma……”
Ibu 2: “Lhaa iyaa, inikan saya ndak Cuma mau main kesini”
Gue: “Maaf ya ibu sa….”
Ibu 1 & 2: *kabur kedalem*

Baru gue napas sebentar, adalagi yang nyamperin.

Ohhh, ternyata bule Malaysia.





Bule Malaysia: “WTASYU WASYUU YU CUUUU SYU CYUUU SYUUU”
Gue: “sorry?”
Bule Malaysia: “WASYUJUU KYUUU JUU SYUUU CYUUUU”
Gue: “enggg….”
Bule Malaysia: “Kenapa saya diturunin disini kan jalannya jauh ke booth saya.”

LAHHHH DIA BISA BAHASA ENDONESA!

Gue: “Ahhh, sorry sir this is lalalalala blablablaa…”
Bule Malaysia: “ARE YOU UNDERSTAND?”

NEVER MAIN AI WILL FAIN SAMWAN LAIK YUUUUH.

WTFFFFF! INI GUE NGOMONG APAAN ELU NGOMONG APAAN SIH WEY.

Belom kelar sama bule Malaysia, tiba-tiba muncul yang 2 lagi yang marah-marah.

Bule: “hey, why you drop off me in here? This is so long to walking until my booth.”
Gue: “Yaa, but this is our assembly point, sir.”
Bule: “TERIFFYING!”

Dan gue ditinggal pergi sama bule-bule keji itu.

#MeikeAnakMalang

Temen-temen gue yang lain Cuma bisa ngeliatin sambil mangap dari kejauhan ngeliat gue di cecer sma 4 bule dan 2 orang endonesah.

Gue sama sekali nggak ngerti sama inggris-melayu nya orang malaysieh, inggrisnya jadi mendayu-dayu kayak Upin & Ipin ngomong “I wanna eat that shit and I want to kill you” dengan logat mendayu-dayuu kayak band d’bagindas. Begitulah. Gue nggak paham dia ngomong apa.

Gue bener-bener lesu banget dimarahin 6 orang sekaligus dengan bahasa yang beda-beda. Kayaknya besok gue bawa asisten buat jawab pertanyaan mereka. Gue bawa aplikasi Talking Tom.

Gue ngerasa bener-bener amsyong banget tiap pagi kena omel begini.

Tapi gue ngerasa sedikit beruntung karna shuttle kedua gue jam 10 pagi selalu mulus semulus paha voldemort.

Sangking mulusnya, ada aja tingkah lucu bule-bule itu ke gue.

Ada yang ramaaah banget setiap ketemu gue salaman, senyum terus ngucapin selamat pagi sambil mamerin gigi-giginya.

Ada yang kerjaannya nanya;

“Kapan kita berangkat?”
“5 menit lagi.”
“wah, gue bisa ngerokok dulu ya?” Sambil kedip-kedip dan ngelurain rokok dari kantongnya.

Dia selalu meluangkan waktu 5 menit sebelum berangkat ke JIExpo buat  ngerokok. Bule kenal istilah “Sebat dulu bro” juga yaaak.

Diantara tamu bule yang naik di bus gue, ada yang paling gue hafal.

Bule, masih muda, cowok, brewok lucu gitu, tinggi, wangi pokoknya asik banget deh gayanya. Dia pergi ke acara ini bareng mama & papanya. Si bule putih-wangi-brewok ini kalo di liat-liat beda banget sama mama & papanya dari segi fisik. Tapi yang gue tau dia bener-bener perhatian banget sama mama & papanya. In every single little thing. Sayang gue lupa nama dia siapa. Yang jelas mereka sekeluarga ramah dan murah senyum banget. Main-main ke Indonesia lagi ya, Sir!



*kedip-kedip*

Setelah jam shuttle gue abis, gue mulai bosen lagi arna nggak ngapa-ngapain. Akhirya gue bantuin Anggi salah satu temen gue yang jaga di luggage sendirian. Kasiian juga badannya yang segede ventilasi rumah gitu harus angkat—angkat koper yang segede gue. bisa mendadak keriput tuh dia.
Selama gue bantu Anggi dibagian luggage, lost & found, ada hal yang bisa gue jadiin kesimpulan. Yaitu;

Orang Indonesia terlalu hemat untuk bilang terima kasih.




That’s all.

Kenapa gue bisa ambil kesimpulan kayak gitu?

Simple aja sih.

Gue merhatiin gimana reaksi mereka setelah dia menitipkan tasnya dan mendapat nomer penitipan & setelah dia menerima tas nya kembali.

Kebanyakan orang asing selalu berkata “Thank you” dan bahkan ada yang berusaha bilang “terima kasih”
Simple banget sih.

Mungkin banyak yang mikir “Yailah Cuma makasih doang apa rasanya.”

Kalo buat gue enggak.

Kata “terima kasih” itu apresiasi yang paling tulus bahkan melebihi nominal sebuah uang.
Karna buat gue, ketika gue udah melakukan sesuatu buat orang lain kata “terima kasih” itu apresiasi dan nominal uang adalah “bonus” yang gue dapet.

Mungkin gue berfikir kaya gini karna gue belom tau gimana susah sengit seseknya nyari uang, tapi men, ketika lo nggak bisa menominalkan apresiasi lo, ucapkan terima kasih. That’s enough.


Yaaak, lanjut.


Hari ini walaupun pagi-paginya gue amsyong kena marah, tapi gue jadi sedikit terhibur karna dapet Machiatto Coffee gratisan dari salah satu booth Food & beverages. Yeaaay!

Hari kedua ini gue juga masuk ke dalem ruangan pameran sama Eci yang lagi nganggur. Gue cukup takjub dan terkesima liat berbagai macam bentuk furniture yang dari bahan kayu jati, rotan, bahan plastic sampe bahan-bahan lainnya yang disulap jadi furniture yang maha cantik dan maha-L.

Furniture yang biasanya gue Cuma bisa liat di film barat, gue bisa liat langsung disini. Ahh, pokoknya keren banget deh! Jadi pengen ngambil satu, lumayan buat dikosan………..

Setelah puas muter-muter ruangan pameran dan godain temen-teme gue yang lagi pada kerja nggak-ada-nganggurnya-kayak-gue, gue sama Eci langsung berniat culas buat nyamperin Nadira yang stay tune di ruangan VIP. Yaaa… udah kebayang sih yaaa ruang VIP kayak gimanaaa…

Broo, makanan broooo… yuk kita sikat brooooo….

Ternyata bener, ruangan VIP makmur sentosa dan sejahtera. Jauh dari matahari yang bikin gue meleleh, banyak makanan enak dan yang terpenting……..available Anomali Coffee Latte. Shit. Heaven place!
Keluar dari ruangan, udah ada 3 gelas kopi dan beberpa potong kue yang siap di seruput. Srrrrruput……

Rejeki emang nggak kemana.

Niat bawain kopi buat Anggi, ternyata dia nggak suka kopi. Sikat nggaak nih kopinya? Sikaaaaat! Jadilah hari itu gue minum 3 gelas kopi yang bikin mata gue seger dan akuh terasa hidup kembali.

Tapi apa daya, mengingat usia yang melonjak setiap tahun, karna minum 3 gelas kopi begitu jadwal gue shuttle JIExpo ke Hotel, gue langsung degdegan dan gemeteran didalem bus. Iyalah, 3 gelas kopi gimana ngggak bikin jantung gue over-beating. -____-

Tapi gue seneng, menu makan hari ini all about daging. Sebagai anak kos, kita harus pinter-pinter cari acara yang bikin kita perbaikan gizi. Yeheeee….

Hari kedua selesai……………………..

Sampe selesai evaluasi, badan gue rasanya masih semangat banget sedangkan yang lain udah lesu. Emang kopi paling jago membangkitkan sesuatu yang tak bisa bangkit. Halaaaaaaah…..
Selesai evaluasi, gue, Meiza, Rara, eci & Sapi jalan kedepan buat nyari taxi. Lagi bingung-bingung nentuin mau naik taxi yang merk apa, tiba-tiba ada taxi yang nyamperin kita dan bilang:

“Ayook mbak, sama saya aja. 30rb berlima deh. Setiap orang 6rebu aja.”

LAHHHHH GIMANA KITA NGGAK SENENG!!!

Biasanya kalo naik taxi malem dari JIExpo ke stasiun Juanda bisa 30ribu lebih karna jalanan yang macet. Eh si supir taxi yang berhati bidadari ini minta 30rb doang! Beuuhhh… sikat bang! Sikaaaat!

Selama perjalana di kereta yang ternyata penuh dan kita nggak kebagian tepat duduk, kita Cuma bisa becanda ketawa-ketawa sambil cerita ada kejadian apa hari ini. Sangking otak udah pada geser semua, kita sok-sokan ngomong bahasa inggris yang padahal kita nggak tau itu ngomong apa. Tiap ada pertanyaan di jawab “not yet” apa-apa jawabanya “not yet” emang bener-bener udah geser nih otak kita.
Kita berlima tuh emang udahh se-iya se-kata banget deh. Apaan aja di ketawain, apaan aja di omongin, yang nggak penting dibahas jadi mendadak penting, absurd banget.

Gue jadi kepikiran bikin JIEXPO48.

Isinya gue, eci, meiza, sapi sama rara yang lagi dipinggir jalan nyetopin taxi sambil bilang;






BAAAAAAANG NAIK TAKSIH BERLIMA BOLEH NGGAK BAAAANG…. AYWANCUUUU AYNIDYUUUU AYLAFYUUUUUH……..”




Tunggu cerita hari ketiga di next post ya! J


Komentar