MICE? Apaan tuh?

Oke, postingan kali ini ditujukan untuk kalian semua yang kepo, pengen masuk jurusan MICE, pengen tau MICE itu semacem virus, bakteri, makanan, minuman, artis, kepemerintahan, negara apa dan gimana.

Logo acara Meet n Greet MICE 2013


Gue juga nggak ngerti gimana asalnya kok bisa gue beberapa kali dapet email yang nanya tentang MICE dan tau dari blog gue ini. Rasanya keren tapi miris juga.
Kenapa keren? Karna selama ini traffic blog gue meningkat karna berasal dari postingan gue tentang MICE. Keren!

Kenapa miris? Karna ternyata banyak yang belum tau secara detail seperti apa jurusan gue ini. Yaaa emang sih jurusan gue salah satu jurusan yang super unik. Bahkan sampe sekarang pun gue nggak habis pikir kenapa gue bisa masuk MICE. Dan MICE di kampus gue baru ada pas tahun 2005. Kira-kira pas gue lagi asik-asiknya main judi ager-ager di SD, muncul lah seonggok jurusan MICE.

Jadi gini guys, tantangan yang akan lo hadapin ketika lo masuk MICE adalah kesabaran lo akan di uji. Ya gimana nggak di uji, kalo tiap ditanya soal jurusan yang terjadi akan seperti ini:

SCENE 1
Temen:  “Woy, lo masuk jurusan apaan sekarang?”
Gue: “Eh, gue masuk MICE nih.”
Temen: “Apaan tuh MICE? Anak tikus? Hahahahahaha lo kuliah sama tikus Meik? Hahahahaha”

Kalo ada temen lo yang nanya kayak gitu, tampol ajapake casing hape nokia 6600.

SCENE 2
Temen: “Meik, masuk jurusan apa nih?”
Gue: “Gue masuk MICE nih.”
Temen: “Oh MICE”
Gue: “LO TAU JURUSAN GUE APAAN? ALHAMDULILLAH.....”
Temen: “eng....engga sih. Hehe”

Kalo nemu temen yang kayak gini, silahkan putus tali silaturahmi diantara kalian.

SCENE 3
Temen: “Meik, masuk jurusan apa nih?”
Gue: “Gue masuk MICE nih.”
Temen: “oh, yang jadi promotor itu ya?”
Gue: “LO TAU JURUSAN GUE????”
Temen: “Ya tau lah, eh datengin Suju sama Michael Jackson ke Indonesia tahun ini dong. Kalo bisa pas ulang tahun gue. Please banget, Meik! Nanti gue minta free akses backstage ya biar gue bisa foto bareng sama mereka. Terus gue mau masukin ke instagram gitu terus gu.....”
Gue: “MAIKEL JEKSEN UDAH WAFAT, BANGKEEEEE”

Kalo ada temen yang kayak gini, undang Jessica Sianida mampir ke rumahnya.

SCENE 4
Temen: “Meik, masuk jurusan apa nih?”
Gue: “Gue masuk MICE nih.”
Temen: “Apaan tuh?”
Gue: “MICE itu singkatan dari Meeting Incentive Convention dan Exhibition. Jadi nanti kerjaan gue tuh lalalala yeyeye bla bla bla bla nananana dudududuuuu”
Temen: “Oh gitu. Iya iya ngerti gue”
Gue: “Nah, ya intinya begitu deh”
Temen: “eh meik, jadi bahasa simple nya jurusan lo apaan?”

Kalo nemu yang kayak gini.............yaudah, selamat datang di dunia MICE PNJ


Awalnya gue daftar MICE karna ke hopeless-an mau kuliah dimana lagi selain Komunikasi UI atau Politk UI. Yanga da di mata, hati, telinga Cuma UI. Sampe kalo lewat depan fisip gue baca kalimat syahadat. Guru agama gue bilang, kalo punya permintaan atau doa, baca kalimat syahadat di depan hal yang kita inginkan. Tapi kalo gue baca dua kalimat syahadat terus dan orang lain nggak tau maksud gue apa, takutnya gue dikira lagi Mualaf On The Road.

Balik lagi ke MICE. Sekarang MICE udah ada dibeberapa kampus swasta yang suka di iklanin di radio. Tapi tenang guys, MICE Politeknik Negeri Jakarta tetep yang terbaik. Karna apa? Karna pendiri MICE ngajar di PNJ. ASEKKKKK. Pokoknya banyak faktor lain yang nanti akan lo rasain sendi ri setelah sah jadi anak MICE.

MICE itu buka dua jalur seleksi, jalur tertulis dan raport. Anyway gue masuk MICE tahun 2012, sekarang udah semsester 8. Jadi gue cerita sesuai dengan yang gue rasain di tahun 2012 ya. Waktu itu gue masuk jalur seleksi prestasi. Jalur seleksi prestasi ini sesuai sama berapa banyak prestasi yang gue dapetin selama gue di SMA. Gue milih jalur prestasi bukan karna prestasi gue banyak, tapi karna nilai raport gue rendah. HA HA HA HA.

Gue input data di website PNJ, lalu ada tahapan verifikasi berkas dimana semua data yang gue isi di website harus di cocokin sama arsip aslinya. Gue sempet degdegan parah disini. Gue takut skip pas ngisi, takut ada yang salah input dan sebagainya. Jadi, sebelum submit, pastikan semua data lo bener-bener valid ya.

Setelah verifikasi data, gue masuk sesi wawancara.

JENGJEEEEEEEEENG......

Beruntungnya senior satu tahun diatas gue pas SMA masuk MICE di tahun sebelumnya, jadi gue bisa banyak nanya sama dia tentang gimana wawancara masuk. Thanks to kak Pebe! Jadi waktu itu kak Pebe ingetin beberapa DO and DON’T selama wawancara berlangsung. Gue dikasih tau kalo body language itu harus diperhatikan. Ketika sampe di depan  dosen yang wawancara apa yang harus gue lakuin, posisi tangan, kepala, semuanya! Gue bahkan sampe googling gimana cara ngatur body language pas wawancara.

Selain body language, yang paling penting adalah kemampuan yang lo tau tentang MICE itu sendiri. Gue googling sana  sini, susah banget dapet info tentang MICE. Berbekal website PNJ, gue catet dikertas apa itu MICE, bergerak dibidang apa dan semua hal niat lainnya. Gue-super-niat.

Waktu itu gue ditanya seputar pengalaman gue dalam berorganisasi. Event apa yang sebelumnya udah pernah gue bikin, terus pengetahuan gue tentang event yang sedang berlangsung di Indonesia.

MAMPUS.

Gue rada stuck dibagian ini. Untung gue dikasih beberapa clue dan kemampuan ngeles sampe bikin yang-nanya jadi jawab sendiri pertanyaan yang dia ajuin. Hahaha
Gue juga dikasih info banyak mengenai dampak multiplier effect yang muncul karna penyelenggaraan event.

Abis ngobrol seputar dunia event, gue disuruh secara spontan (UHUYYYYY) untuk bikin event yang lagi telintas dikepala gue dan dijelaskan ke dosen yang wawancara dengan menggunakan bahasa inggris.

DEG.

Gue berdiri dari tempat duduk dan langung ngacir lari naik bikun.

Enggak deng, gue berdiri terus cerita apaaaa aja yang ada di otak gue dengan terbata-bata layaknya TKI yang baru hari pertama kerja di Inggris dan disuruh ngobrol sama majikannya. Ya begitulah english nazi-ku.

Yak, akhirnya penyiksaan gue berakhir sudah setelah dosen itu menutup wawancara gue.
Gue merasa sedikit beruntung sih, karna sebelah kursi meja gue harus wawancara dengan full bahasa inggris dan temen seper-wawancaraan gue ternyata merasakan hal yang sama juga.

Tapi, makin kesini persyaratan wawancara semakin bertambah. Tiga atau dua tahun yang lalu ada yang cerita ke gue kalo dia harus bikin paper entah mengenai MICE atau apa sebagai persyaratan wawancara. Lalu di tahun berikutnya juga ada yang bilang harus bawa paper dan CV a.k.a Curriculum Vitae. Sebenernya apapun persyaratannya kalo lo punya bayangan apa yang akan ditanya dan harus jawab apa sih semua interview pasti bisa lo lewatin, tenang aja.

Setelah selesai seleksi berkas dan wawancara, baru deh keluar hasil keterima atau enggak nya lo di MICE PNJ. Kalo keterima, SELAMAT! Kalo enggak, santai! Masih ada jalur tertulis yang sepertinya kuota jauh lebih banyak.


YES KETERIMA!



Kalo untuk tes tertulis sebenernya nggak jauh beda sih. Yang membedakan kalo seleksi raport/prestasi nggak usah pusing-pusing ngisi soal dulu, bisa langsung verifikasi berkas dan wawancara deh. Tertulis juga ada seleksi wawancara loh!

Jangan anggap sepele ya seleksi wawancaranya, karna bisa jadi bobot tetinggi ada di wawancara bukan di seleksi nilai.

Tayaaaanggggg


Hampir 4 tahun kuliah di MICE, overall semuanya seru. Seru banget. MICE Cuma ada 2 kelas dari tahun ke tahun. Karna satu angkatan Cuma ada sekitar 55 orang, jadi makin gampang kalo mau akrab satu sama lain.







Ah, nggak ada habisnya deh kalo nyeritain MICE. Walaupun ini awalnya bukan jurusan yang jadi prioritas utama gue, tapi gue belajar banyak hal disini. Hal yang belum tentu bisa gue dapet kalo gue keterima dijurusan yang sesuai dengan prioritas utama gue.

Gue cerita apalagi ya?

Kalo ada yang perlu ditanya langsung komen dibawah aja ya atau bisa langsung email ke: meikeayuputri@yahoo.com selama gue bisa bantu jawab, pasti gue jawab!

The last but not least,





TO MEET YOU!

Komentar

  1. Kak nanya dong.... Jd setelah selesai kuliah ini , kk rencana mau lanjut ke mana? Kerja kah? Atau ambil s2?

    BalasHapus
  2. Kak, bagi kontak line boleh? Aku mau tanya tanya soal mice pnj.. soalnya rencana aku lulus dari sma mau masuk situu tapi aku bingung:(( banyak yang mau aku tanyain . Makasihh kak hehe

    BalasHapus

Posting Komentar