Shuttle Make You 'Gatel' --- Part 1

Hi guyz, thx ea dah mo mampir di blog uwe ini^^





*kemudian langsung kena struk mata*


Seperti biasanya, semua hal yang ngeselin, nyenengin, ngebetein pada akhirnya bisa diketawain ketika kita inget lagi sama kejadian-kejadian tersebut.

Sama kayak kisah gue yang satu ini. Ngeselin? IYA. Nyenengin? Iya juga.



Jadi gini ceritanya….

Pengalaman yang satu ini nggak jauh-jauh sama kisah kasih gue selama kuliah. Kisah nyoba jadi freelance disana-sini demi mendapatkan sesendok pengalaman dan sebongkah emas.

Jadi, pertengahan bulan maret yang lalu gue ikut bantu di salah satu event internasional yang diadain di Jiexpo. Dari judulnya aja udah INTERNASIONAL. Hal pertama yang kebayang dipikiran gue Cuma satu: BULE. Lo tau sendiri bule ngomongnya bahasa apaan…. dan kemampuan berbahasa gue yang cuma segegam pasir dilautan. Terakhir kali ikut TOEFL skor akhir gue 750, yaudah gue tambahin 250 aja. Lumayan dapet aqua gelas dua.

Pokoknya gue iseng-iseng aja deh ikut ini event. Masalah bisa ngommong bule apa enggak belakangan aja. 

Yang penting gue apal lagu someone like you – Adele, jadi nanti kalo dia ngomong apaan dan gue nggak bisa jawab yaudah gue nyanyi lagu itu aja. Sekiyan.


Setelah gue kirim CV ke salah satu senior gue yang ceritanya jadi penyalur tenaga kerja mahasiswa yang kehausan uang lima puluh ribuan, beberapa hari kemudian gue di undang brieifing. Kebetulan di event ini angkatan gue ada 12 orang yang diterima dan sisanya senior dan junior gue.

Briefing pertama pembagian job desc. Gue kebagian jadi team Shuttle Hotel. Engg… wait, shuttle hotel? Ini maksudnya gimana ya?



Gue bingung.


Agnes Monica bingung.


Ahmad Dhani bingung.


Anang bingung.


Aurell jelek.


Setelah dijelasin, ternyata gue bagian jemput visitor & exhibitor yang nginep di salah satu hotel dan nganterin ke Jiexpo.


Keren….


Berarti  selama 4 hari gue bakal ketemu abang-mpok bule didalem bus dan at least, gue harus ajak mereka ngobrol selama diperjalanan.


Oke. Gue harus makin ngapalin lagu Someone Like You lagi.





Gue pun mempelajari event yang nanti gue jalanin. Jadi kayak semacem acara pameran furniture gitu. Usut punya usut sih ini event bisnis to bisnis, jadi kebayang dong pasti bule-bule lucuk, wangi terus brewok tipis gitu yang dateng. Aduw duw duwww…

Sebenernya dari jadwal tugas dan penjelasan jobdesc, kerjaan gue ini nggak capek sama sekali. Karna banyak waktu lenggang yang bisa gue habisin buat balesin senyuman para bule yang pada senyumin gue. susah ya, jadi cewek yang kadar cantiknya melebihi kadar jelek.
Satu hal yang bikin gue kepikiran adalah…………..


GIMANA CARANYA DARI DEPOK KE JIEXPO dan HARUS SAMPE DISANA JAM TUJUH PAGI.


Ada pikiran mau cari kosan di deket-deket Jiexpo, tapi gue takut Depok sama Jakarta Utara tawuran gara-gara ngerebutin gue, yaudah deh akhirnya gue stay di kosan bareng Meiza temen gue yang lagi nginep.

---------------------------------------------------------------------------------------- 
H-1 Acara

Gue mendadak panic gara-gara untuk hari pertama seua crew diwajibkan buat pake kemeja putih, blazer, rok dan sepatu hak.





100000000000000% STREZZZZZZ.


Gimana nggak stresssss, gue nggak ada stok baju-baju begituan dikosan. Semua baju yang gue bawa yaaa yang gue pake besoknya. Mau pulang juga gimana caranya karna udah jam 7 malem.

Disaat gundah gulana dan putus asa,gue coba hubungin semua orang yang gue kenal dan yang ikut acara besok (dan yang ukuran badannya segede gue) buat pinjem baju-bajuan buat besok. Tiba-tiba, kak  Detri salah satu senior gue dateng ke kosan dengan keluhan yang sama; Nggak bawa kemeja dan lalalala-nya.
Akhirnya kita malem-malem pinjem ke kak Diba sang penyelamat dunia angkasa dan galaxy bimasakti  yang mau minjemin segala macem baju-baju buat besok. ILU KK DB!

Semua kan ku korbankan demi mendapatkanmuuu wahai baju-baju pinjamankuuuuu~~~~

Gue sama kak Detri langsung naik motor menuju airport dan langsung naik pesawat menuju rumah kak Diba. 
Maklum, buang-buang uang aja mumpung masih jadi anak presiden.

Perjalanan jauh terbayar sudah pas ngeliat tumpukan-tumpukan baju yang dibawa kak Diba dan kita bertiga berpelukan dibawah reruntuhan bunga sakura disaksikan bokapnya kak Diba yang super ganteng kayak papa-papa di sinetron. SERIUS! Cakep banget!!! *siap jadi mama tirinya kak Diba*

Setelah itu gue sampe dikosan jam 10 malem dan langsung persiapan buat besok pagi dan selamat tiduuuuuuur!





DAY 1


Hari pertama gue suepr excited! Bangun kepagian, yang harusnya bangun jam 4 lewat, jam setengah 4 gue udah bangun terus durasi ngulet 30 menit dan durasi mengkhayal 1 jam 30 menit. Akhirnnya gue berangkat jam 12 siang. HALAHHHH.

Setelah rapih-rapih mandi wangi, bersih, cantik dan mirip Raisa, gue berangkat dari  kosan jam 5 lalu naik angkot ke stasiun kereta api dan kita dapet kereta yang jam setengah 6 pagi.
Gue heran, masih jam setengah-enam-pagi tapi udah banya banget yang nunggu kereta. Gue kira, gue orang pertama yang naik kereta terus gue bisa shooting video clip 5 lagu didalem kereta sangking sepinya itu kereta, ah, semuanya berkata lain. Semuanya hanya fana. Semuanya hanya khayalan.


“MASUK KERETA TUJUAN JEKARDAAAAH KOTAAAH”



Brugggggggggggggggg. Pintu dibuka langsung seua manusia dengan berbagai macem aroma masuk dalem satu gerbong. Gue yang kecil ini Cuma bisa bersrah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

PENUH BANGED SOBBBHHHH!!!





Gue langsung kebayang muka temen-temen gue yang setiap hari harus naik kereta demi berjuang sampe ke kampus. Guys, kalian hebat. Lanjutkan perjuangan kalian guys. Gue 4 hari ajah. :’’’)
Setelah satu jam didalem kereta, akhirnya gue sampe di stasiun juanda. Perjalanan dari stasiun depok baru ke stasiun juanda kurang lebih satu jam. Selama satu jam itulah gue ngerasa nafas gue tinggal sekali hirup dan sekali buang. Hasyemeleh……

Sampe di stasiun juanda gue langsung nyari taxi untuk nyambung ke Jiexpo. Ahhhhh……. Taxi inginku bawa kau dari depok sampai jiexpoooooooo apa daya uangku tinggal seribuuuuuuu~~~

Jarak antara stasiun juanda ke Jiexpo sekitar 15 menit, merdeka banget didalem taxi paru-paru gue bisa salto-saltoan, coba tadi pas didalem kereta, paru-paru gue mengkerut kek bayi kelamaan berendem di air dingin. :’(

Begitu sampe di Jiexpo gue langsung nemuin kordinator Shuttle gue, namanya mas Ketut ngga pake N. disini gue lagi-lagi kebingungan. Ini kok yang pake kemeja putih, blazer, rok sama heels kok gue doang ya…. 

Temen-temen gue yang lain kok pada pake baju official event….. gue bingung.


KENAPA GUE PAKE BAJU KAYAK BEGINI……

KENAPAAAA…………

KENAPAAAA……………..

KENAPA GUE NGGAK PERNAH JELEK

KENAPAAAAAAAAAAA…………….

L



Ternyata: GUE SALAH BAJU.

APAAAAAAAAHHHHH????
Salah baju.

APAAHHHHH YANG DISANAAA SUARANYAAAAAAAAAAAH???
Salah baju.

YANG DIATAS SUARANYAAAAAAAAHHHHH????
SALAH BAJU WOY GUE SALAH BAJU KAMPRET SALAH BAJUKKKKKKK!!!!!!



Tuhkan gue emosi.
Gimana nggak emosi, tau sendiri gimana caraya gue mendapatkan baju-baju itu dan akhirnya pas pagi gue malah salah begini. Emang cewe serba salah. Kenapa sih disalah-salahin terus. Kenapa sih kenapa….
Pagi-pagi udah bad luck aja. Betek pokoknya betek!!! *pukul-pukul bahu supir bus*
Dengan muka kusut karna salah kostum, gue melangkahh lunglai ke dalem bus buat nganter jemput visitor dan exhibitor di hotel. Kebetulan, gue ada jadwal jemput jam 8 pagi, jadi begitu briefing selesai gue langsung menuju hotel buat jemput abang-mpok sekalian.

Selama diperjalanan gue ngobrol sama bapak supirnya. Dari mulai namanya siapa, rumah dimana, anaknya berapa, karir, asmara, keuangan sampe suka pake masker apa pokoknya semuanya gue obrolin. Untung gue dapet bapak supir yang asik bisa di ajak cerita dan selalu ada bahan obrolan kalo sama dia. Kayaknya gue ngerasa nyaman sama dia dan gue mau lanjutin hubungan ini ke tingkat yang lebih seri………oke tadi dibajak.

Ternyata jarak antara Jiexpo ke hotel nggak terlalu jauh. Cuma sekitar 15 menit serepeeet serepeeeet sekriwitttttt…. Sampe deh di hotel.

Berhubung hari pertama, gue dan Ongky--- anak shuttle yang tujuan hotelnya sama kayak gue, masih bingung harus nunggu dimana dan harus gimana. Akhirnya kita nunggu di parkiran dari jam setengah 8 pagi.


Tiktuktktiktuktaktik…………


Udah ditungguin sampe hamper jam 8, belom ada tanda-tanda orang yang nyamperin kita dan belom ada tanda-tanda bule yang mau ke Jiexpo. Akhirnya gue sama ongky berinisiatif buat ngecek  ke lobby hotel.

Ternyata inisiatif kita (yang terlambat) justru berbuah petaka dan bencana.


Ternyata udah banyaaaaaaaaaaaaak banget yang nunggu di lobby. Nunggu bus yang bawa mereka ke Jiexpo. Banyakkk banget.

Dari sebanyak itu orang langsung ada ibu-ibu yang marah ke kita:

“DUHHH, INI KHHOK LAMA BUANGET YA SHUTTLE-NYA NDAK TAU KITA NUNGGU UDAH NDHARI TADI YA??? NDAK LIAT INI UDHAAA JAM BERAPA TOHHHHH???”

“iya ibu, mohon maaf tadi kami nunggu di…..”

“YA NDAK BISA BEGHHITU DONG, KITA INI KHHHHAN MAU BHISNIS TOHHHH BUKAN MAU SANTAI-SANTAI.”

“Iya ibu, seka………”

“LIAT JHAM BHERAPA INIH UDAH JAM NDEPALAPAN LEWAT ENAM THOOO???”

“Maaf ibu tapi di jam saya ini…………”

“UDAHHH SAYA MAU MASUK BUS”

…………………………………………..

Gimana coba rasanya di gitun didepan lobby hotel. Aku sih sabar.





Begitu gue liat name tag ibu-ibu itu ternyata dia dari jawa tengah, yaudah gue positif thinking aja kalo jam si ibu-ibu itu masih waktu daerah jawa tengah belom waktu daerah Jakarta utara… sabaaaar… sabaaaaar….


Ternyata kesialan gue belom berakhir.


Ibu-ibu tadi nggak henti-hentinya ngoceh begitu kita masuk ke area jiexpo, gue yang pada dasarnya nggak tau jalan dan nggak apal jalan, kita yang harusnya masuk melalui pintu 6A jadi masuk lewat pintu 1 gara-gara apaaaahhhh? Gara-gara si ibu minta diturunin di pintu itu dan karna si ibu kesayangan ituuuuh, beberapa bule yang awalnya kalem dan nggak ngerti apa-apa jadi ikutan marah-marah begitu turun dari bus.




GLEK.






#AkuRapopo

Muka gue langsung pucet dan gue nggak bisa berkata apa-apa lagik. Skakmat. Matik.
Hari pertama, rute pertama shuttle dan dimarahin sama orang yang jam tangannya belom di setting waktu Indonesia bagian barat. Kampret emang kampret.

Gue langsung berkeluh kesah sama Pak Sute, supir bus gue. kata-kata dia yang selalu gue inget:

“Tenang aja, nggak apa-apa di marahin orang. Kalo kita dimarahin orang dan kita nggak bales marah-marah, Tuhan bisa hapus satu penyakit kita.”

Berarti penyakit gampang masuk angin sama gampang pilek gue ilang  nih. Yes!

Lumayan ya sedikit mengibur kata-kata dari Pak Sute tadi.

Lanjut ke jadwal jemput gue selanjutnya jam 10, semua penumpang gue bue semua dan so far nggak ada yang protes apalagi ngedumel. Gue jadi tenaaaang banget sepanjang perjalanan walaupun kadang masih degdegan takut ada yang marah-marah

“WATSCHUUU WASCHUUU WEY YUU CUUUU YU CUUUU SYU CUUU”

Gue langsug jawab:

“SIR…….. NEVER MAIN AI WILL FAINNN SAMWAN LAIK YUUUUUHHHH”






Gue langsung di deportasi dari negara gue sendiri.





Emang dasarnya gue paling males kalo udah dimarahin, jadi langsung bete seharian kalo inget kejadian tadi pagi. Hatiku sakit kak… sakit. :’’(

Hari pertama konsumsi telat banget datengnya, gue yang baru nelen angin sama hirup aroma deodorant ditambah bauk keringet di dalem kereta, baru jam 12 siang udah migraine banget. Makan siang juga kayak nggak ada rasanya, bete masih terasa, ah susah deh menerima rasa yang sudah terasa seperti ini. *backsound AdaApa dengan CInta*

Dari jam setengah 11 sampe jam 4 gue bener-bener free nggak ada kerjaan dan bingung mau ngapain. Apalagi anak-anak shuttle lainnya cowok, ceweknya Cuma gue dan Eci, kebetulan Eci dapet jadwal shuttle airport jadi dia sibuk banget gitu jarang ada di Jiexpo.

Karna gabut akhirnya gue tidur siang di dalem bus. Untung bus-nya enak, full ac, kursinya asoyyyy banget pula~

Bangun-bangun udah waktu gue shuttle dan perjalanan nganter pulang jam 4 dan jam 6 berlangsung dengan lancaaar aman dan terkendali tanpa ibu-ibu jawa tengah yang hadir di tengah-tengah kursi. Muheuhuehueheuheuehe.




Pelajaran hari pertama:

Jangan lupa ganti waktu jam sebelum elo jalan-jalan ke daerah orang lain.







Hari kedua lebih seru lagi!

Nantikan post berikutnya yaaaaaaa……..

Komentar

  1. Ngepedddd ada aja cerita lo ngakak gue !!!!!!!!!!! :((((((

    BalasHapus
  2. kapan hidup lo bisa tenang sih :'''C

    BalasHapus

Posting Komentar