One Year Work-Hard, Shud I Istira-Hard? Part 1

31 Maret 2018

Wow, ini merupakan postingan fenomenal setelah sekian lama nggak punya waktu (males) buat nulis random things lagi di blog. Kenapa fenomenal? Karena besok nih, tanggal 1 April adalah April Mop. Ehe he ehe he

Nggak deng, 1 April 2017 lalu merupakan hari pertama gue menjadi seorang pekerja sesungguhnya. Pekerja yang merangkap touring lebih tepatnya. Karena jarak rumah gue di Pengasinan, Sawangan ke kantor di daerah Kebon Jeruk, terpaut jarak 30+++++ KM. 

WOW.
AMAZING.
INDONESIA.

Perjalanan dari rumah ke kantor, gue melewati beberapa kota dengan pergantian pemandangan yang cukup ekstrim. Dimulai dari daerah Pamulang yang angkotnye ngegas-ngegas (ya kalo kagak di gas, nggak jalan dong. ehe ehe), masuk ke daerah Ciputat yang macetnya bikin istigfar, mengucap dua kalimat syahadat sambil di iringi lagu Opick. Selesai daerah Tangsel dengan segala keangkotannya, masuk ke Jakarta Selatan, Lebak Bulus!!11!!!!!

Wow, gue melewati lebak bulus - pondok indah dengan sangat emosyenel di iringi oleh klakson motor yang tiada henti plus knalpot motor di kanan kiri yang jaraknya cuma sekali ngesot, panas cuy! Setelah 10 bulan melewati betapa kejamnya lebak bulus - pondok indah, gue berterima kasih kepada pemerintah dengan segala tahtanya yang telah bikin underpass. Alhamdulillah, yang biasanya 30 menit jadi 15 menit sajah. Thanks pemerintah!

Dengan jarak berpuluh kilometer dari rumah ke kantor, gue sering diledekin sama kang ojek onlen:
"Neng, tad pas liat tujuannya kebon jeruk - pengasinan, saya kira saya salah liat. eh ternyata bener yak"

"Astagfirullah mbak, ini kerja apa lagi touring si?"

"Jauh banget mbak kerjanya, nggak pengin nikah aja?"

HHHhhHHHhhHHHh

Hanya bisa ku balas dengan rate bintang 1,5. HE HE HE mati kau bang, mati kawww.

Kalo ngomongin cerita perjalanan gue, nggak akan ada abisnya. Mari balik ke topik, flashback one year as a worker.

Baiklah, perkenalkan saya....


UHUUUK


Salah satu cita-cita gue dari jaman entah SMP atau SMA, pengen kerja di Gramedia, biar bisa kerja sambil baca buku. Eh lama kelamaan, setelah ngulik sana sini, cita-cita jadi agak nambah, jadi pengen kerja di Kompas Gramedia. Hehehehe

Alhamdulillah, kejadian.
Kompas Gramedia jadi kantor pertama gue (setelah sebelumnya freelance di Dyandra Convex).

Gimana ceritanya gue bisa keterima disini? Ah! Ini sih yang paling random.
Berawal dari kesisengan gue tanggal 28 Februari 2017 main ke salah satu kopisop di Bogor, Kemenady namanya.



 Gue inget banget, main ke Bogor awalnya karna mau refund tiket Jakarta - Jogja, terus hujan deres, banjir di stasiun Bogor akhirnya naik Gocar ke Kemenady.

Di Kemenady suasana sepi tapi ramai, gue duduk disalah satu meja deket pintu masuk, deket bar, lumayan pemandangan gemas karna baristanya ganteng. HEHEHEHE

Seperti jobsiker pada umumnya, dimanapun, kapanpun, gue menyempatkan diri nyari lowongan sana sini. Dari jobstreet, linkedIn, jobsDB, apapun! Sampe pada waktu itu, gue nyari kerja di twitter. OH PLEASE. How desperate I am. Hahaha. Sekalian ngetwit, sekalian nyari kerjaan. Setali, tiga uwang.

Out of blue, gue menemukan post ini:

Terima kasih twitter dengan segala kekerenannya!



 TADAAAAA!
Yang ada dipikiran gue saat itu:
  • Wah, Kompas Gramedia nih, wajib disikat nih
  • Kalo gue keterima, keren nih jabatan gue as a Creative. Asik!
  • Eh, ini kayaknya handle semua event di Kompas Gramedia ya
  • Eh eh, tapi kok job description nya mirip-mirip sama agency sih
  • Coba nggak ya.. hmmm

Sampai akhirnya gue putuskan untuk, yaudahlah, coba aja dulu lah~

Ketak ketik ketak ketik....
Body email: DONE
Email Tujuan: DONE
Subject: DONE
Attachment CV: DONE

Bismilah....
SEND! 

Nggak ada feeling yang berarti pas gue kirim email itu.
Sampe akhirnya, setelah gue selesai briefing persiapan untuk event terbabu buta di Jiexpo, ada nomer kantor yang tiba-tiba telepon.

Sebagai seorang jobsiker, telepon yang paling ditunggu adalah telepon yang berasal dari nomer kantor.

Gue angkat, ternyata dari Kompas Gramedia...
DHEG

HRD meminta gue untuk interview minggu depan, tapi gue nggak meng-iya-kan dengan alasan gue lagi running event selama seminggu. Akhirnya telepon ditutup dengan statement, "nanti aku kabarin lagi ya untuk tanggal reschedule-nya"

KLIK

Sepanjang jalan dari Jiexpo ke rumah gue membayangkan, apa yang akan terjadi kalo gue keterima di Kompas Gramedia Majalah yang jaraknya... Uhhh Kebon Jeruk. Uhhhh.

Belom interview aja udah ngayal babu. Hahaha

Beberapa hari kemudian, gue dapet email:




Email dari si mbak-nya

Saat itu gue speechless, apa yang harus gue siapin, psikotes itu isinya apa, dan masih banyak pertanyaan dikepala gue.

Akhirnya gue mulai baca-baca di internet tentang gimana cara menjawab pertanyaan pada saat interview, do & don’t interview, belajar ngerjain soal psikotes dalam tahapan masuk kerja yang gue buta sama sekali, download aplikasi psikotes daaaaan masih banyak lagi ritual yang gue lakukan. AAAAAKKKKK!

Skip skip skip.

Sampai tiba saatnya gue psikotes, kebetulan banget waktu gue psikotes, hari sebelumnya merupakan hari terakhir gue event dengan kondisi pulang malem, kecapean abis membabu buta, pagi-paginya harus udah standby jam 8 di Kompas Gramedia Palmerah.

Gue. Telat. Dateng.

Asli, ternyata banyak juga yang psikotes saat itu, semuanya udah ready ditempat duduk masing-masing. Sedangkan gue baru dating. HAHAHA.

Nervous. Dapet bangku sebelah kanan pojok paling depan. Makin nervous.

Gue kerjain soal psikotes dengan tingkat kengantukan luar biasa. Satu persatu, soal demi soal terlewati dan akhirnya selesai. Fyuuuuh

Gue seneng, soal-soal yang sebelumnya gue pelajarin di internet keluar semua, jadi gue nggak begitu kaget dengan beberapa tipe soal yang ajaib-ajaib bentuknya.

Setelah kelar psikotes, gue janjian sama Kak Indah, temen seperkosan gue yang udah keja duluan disini buat makan siang bareng. Kompas Gramedia ini menurut gue kantornya unik, mereka punya kantin sendiri yang menunya cukup variatif, jadi kalo lunch nggak perlu jauh-jauh deh!

Setelah selesai makan sate seporsi, gue langsung naik gojek wuuuuzzzzzz ke Kompas Gramedia Majalah, bakal calon kantor guweeh.

Sampe di KG, gue merasakan atmosfir yang cukup comfy dan homy disini. Apakah ini pertanda aku akan disini~ 

Gue langsung naik ke lantai 8, tempat dimana HRD berada. 

JENGJEEEEEEEEENG!

HR yang menginterview gue pada hari itu namanya mbak Hera. Gue diajak masuk ke ruangan meeting yang cukup untuk 3 – 5 orang. Proses interview pun berlangsung dengan santai tapi-gue-kok-degdegan. Hahaha. 

Beruntung pembawaan mbak Hera lebih kasual, jadi lama kelamaan gue seperti ngobrol biasa.
Interview pada hari itu diakhiri dengan, “Nanti tunggu kabar dari aku by email atau telepon yaa”
Dan gue pamit pulang dengan hati legaaaa~

SKIP SKIP SKIP

Gue menanti hasil interview dengan…. Biasa aja sih. Nggak ngarep lebih. Hahaha.

Gue lupa waktu itu tanggal berapa, tiba-tiba gue di email mbak Hera yang intinya gue diminta untuk membuat sebuah proposal dan cost event sesuai dengan brief yang mereka berikan dalam waktu 3 hari. YAK BETOOOOL. Tiga hari saudara-saudaraaaaah………

Gue langsung kejut-kejut liat email. Gimana bisaaa oi oi oi! Gue aja biasanya bikin konsep event kurang lebih sebulan (include research) lah ini, 3 hari. La gimana ya….

Yaudah, gue antepin aja! Pantang pulang sebelum sayang! Eh

Gue baca brief nya…. Ah kebayang nih gue!
Gue baca lagi….. Eh kok ini jadi mirip agency ya
Gue baca lagi….. aduh bikin cost gimana ya

Gue masih bisa bayangin kalo soal per-konten-an, tapi kalo budget, aduh bang, aduh, ampun bang!
Karna ini proposal gue rasa mirip sama brief agency, akhirnya gue minta tolong sama kak Rawi buat ngirimin contoh proposal agency yang dia punya.

Pelajarin brief, pelajarin referensi proposal, research: 1 hari
Bikin konsep event: 1 hari
Bikin cost: 1 hari
AH! Pas nih 3 hari, dengan modal yaudahlahyacobaduluaja~

Akhirnya gue pede maju buat presentasi di depan User (yang nantinya jadi calon bos gue) di hari jumat.

Oh iya, kebetulan hari kamis-nya gue seleksi NET TV yang terkenal dengan nama MDP atau Media Development Program. Gue apply sebagai Event Off-Air. Seleksi psikotes di Sentul yang bener-bener…. ERRRRRRR wasting my time. Kebanyakan promonya cuy!

SKIP!

Hari jumat jam 9 pagi, gue udah rapih wangi mempesona ready di kuliti dengan pertanyaan mengenai proposal yang gue bikin. HAHAHA.

Gue ketemu mbak Hera dan langsung dikenalkan ke User gue, mas Agung dan mbak Nadya.

DEGDEGAN POOOLLLLL!

Untungnya, pembawaan 2 user gue ini sangaaat santai. Jadi presentasi berlangsung cukup santai dengan bumbu ketawa ketiwi. Beberapa pertanyaan bisa gue jawab, tapi teteeeep, ada beberapa pertanyaan yang nggak bisa gue tekel. Pasrah.

Pertanyaan terakhir pas interview waktu itu, mas Agung nanya, “Pernah nggak kamu merasa tertekan dengan masalah, sampe ngerasa pengen bunuh diri?”

HHHMMMM….

Berhubung kehidupan saya peaceful dan blissful, gue pun menjawab, nggak pernah. Tapi gue bertanya-tanya, kenapa pertanyaan pamungkasnya begini yak…

Setelah selesai presentasi, gue diminta untuk makan siang dulu sambil menunggu hasil presentasi.
Randomly, entah kenapa gue pengen makan KFC, akhirnya gue pesen gojek dan wuzzzz ngasal aja ke KFC yang-ternyata-jauh-banget-coy. Meike.. meike….

Sekitar jam setengah 2 gue balik ke Kompas Gramedia buat mengetahui hasilnya.
Dan hasilnyaaa……….

GUE DITERIMA

G U E  D I T E R I M A

W  O  O  O  W

Setelah penegoan gaji dan segala macem, gue menandatangani kontrak masa percobaan selama 6 bulan dan kerja hari pertama gue dimulai pada tanggal 1 April 2017. Sip sip okay!

Gue langsung ngabarin nyokap gue saat itu juga, seneng bukan main. Asli. Ingin crying. Hiks hiks.
HUAAAAHHH.

Ternyata baru cerita pengalaman interview udah panjang ya, pengalaman kerja nanti akan gue share di postingan berikutnya.

Ada atau enggak yg baca, yaaa biarlah, dengan nulis disini, gue akan terus mengingat hal-hal yang memang menyenangkan untuk dikenang.

Komentar