Si Gagal yang Beruntung

Kisah kehiduan setiap orang berbeda-beda. Ada yang kebanyakan kerikil, ada yang mulus banget kayak aspal, ada yang kadang mulus kadang berkerikil.

Kali ini gue mau ngomongin betapa baiknya Allah sama gue.

Akhir-akhir ini gue jadi banyak flashback ke 6 sampai 9 tahun yang lalu. Waktu gue nggak sebanyak dosa sekarang. Waktu gue ngak semales sekarang. Waktu gue masih jadi anak kecil yang seneng banget hapalin doa-doa sambil pake helm kecil kesayagan gue.

Beberapa waktu lalu dua adek gue yang kebetulan umurnya nggak jauh beda, baru kelar ujian nasional SMP. Walaupun gue nggak bawel-bawel amat kalo dirumah, tapi setiap hari gue merhatiin apa yang mereka lakuin untuk persiapan ujian nasional.

Dimas, adek gue yang cowok. Dia udah gila sama yang namanya laptop, bahkan dia sanggup nggak eluar kamar kalo udah punya koleksi anime terbaru buat ditonton atau punya software baru buat di otak-atik. Dia ini sangking senengnya tiduran sambil main laptop, badannya juga rada megar kayak gapura pas 17 agustusan. Persiapan dia untuk ujuan nasional ini yaaa lumayan lah, masih ada kemauan buat ikut bimbingan belajar. Walaupun pada pertengahan jalan dia moody dan males-malesan.

Hani, adek gue yang terakhir. Dia ini tipikal abege yang seneng banget mainan sama anak kecil. Terlebih dirumah gue ada keponakan yang umurnya baru dua tahun, makin jadilah adek gue ini erjaannya momong si keponakan kecil gue. Hani itu tipikal yang kadang suka pasrah. Dia nggak ikut les dengan alasan lebih nayama belajar bareng temen-temennya. Sedihnya, waktu luang dia dirumah cenderung ke distract karna ngajak main keponakan gue terus.
Gue cenderung lebih deket sama Hani. Mungkin karna sama-sama cewek kali ya jadi waktu luang gue lebih sering ngobrol sama dia dan nyuruh-nyuruh dia. Hahahahaha

Di lain kesempatan,
Gue : Nanti lo mau masuk mana?
Dimas : Gue mau ambil SMK aja jurusan teknik computer & jaringan.
Gue : Lah, terus nanti kuliahnya jurusan apa?
Dimas : Ya pokoknya abis kelar SMK gue mau S1 jurusan Hukum, terus S2 jurusan Lingkungan Hidup.

Gue speechless denger pengakuan adek gue yang satu ini.

Rada susah diterjemahin ya abis belajar computer dan jeroan, tiba-tiba masuk jurusan hukum yang belajar perdata dan pidana eh ujung-ujungnya ngurusin lingkungan dan ekosistemnya. Hahaahahaha
Mungkin terlalu awam buat dia mikir sampe S2. Bahkan gue yang udah hamper kelas D4-pun belum tau nanti nerusin S2 apa, dimana dan gimana.

Balik lagi ke Hani. Hani ini salah satu imbas dari ketidakberhasilan gue dalam wujudin impian nyokap yang pengin punya anak jadi dokter.
Sama seperti pemikiran beberapa orang tua lainnya, jadi dokter itu hidupnya enak, jad dokter itu pinter, jadi dokter itu bisa nolongin orang dan bla bla bla. Ada benernya. Iya ketika gue SMP, gue masih meyakini dokter itu enak. Setelah gue masuk SMA dan dengan segala hal yang gue liat dan gue minati, dokter ternyata Cuma jadi ilusi masa kecil gue doang.

Nah, si Hani ini disemangatin sama nyokap buat jadi dokter yaa minimal perawat lah. Adek gue yang emang dasarnya paling nurut sama nyokap dan iya-iya aja akhirnya mengiyakan. Walau gue kurang yakin sama impian yang satu ini, well, gue doain yang terbaik aja.

Balik ke ujian nasional. Karena minimnya persiapan adek gue dalam menghadapi unjian nasional, gue jadi rada insecure. Gue inget perjuangan menuju ujian ansional gue dari jaman SD sampe SMA selalu genting.


SD
Gue degdegan setengah mati dan bener-bener takut kalo nggak lulus padahal anak SD lulus semua. Seperti anak SD gemes lainnya, gue semangat bercampur degdegan menghadapi UN. Sampe tiba saatnya ketika ujian berlangsung, pengawas ujian gue keluar dan masuklah guru gue kedalem ruangan ujian. Apa yang guru gue lakukan? Ngasih tau jawaban UN, coy! Apa yang gue rasakan? Sakit hati. Dalam hati gue bilang, “KOK IBU TEGA SIH BU NGASIH JAWABAN UN. KAN CURANG BU. PADAHAL SEMALEM AKU UDAH BELAJAR BU. IBU BENER-BENER TEGAAAAAH!!”
Serius, gue ngerasain kayak gitu begitu dikasih jawaban UN. Besoknya dikasih lagi, gue jadi…….keenakan pada akhirnya. Ehek ehek ehek
Hasil UN SMP gue yaa bisa dibilang lumayan lah. Tapi sayangnya nilai gue itu nggak berhasil menembus sekolah SMP impian gue, takdirnya pun gue lanjut di SMP 14 Depok.


SMP
Di fase ini gue juga mati-matian belajar buat ujian nasional. Setelah gue gagal dalam seleksi masuk SMA yang gue pengin dan bikin heboh sampe wakil kepala sekolah nasihatin gue, gue kembali bangkit. Allahu Akbar!
Pas SMP ada ritual baru yang gue lakukan. Yaitu bikin tulisan H-Sekian dikertas menuju ujian nasional. Waktu itu kalo nggak salah gue bikin dari H-40 hari. Selain itu, teknologi hape juga udah masuk dijaman gue walaupun hapenya cuma bisa smsan dan main Bounce sampe keypad lo jebol. Untuk mengatasi distraksi teknologi, hapenya pun gue iket pake tali lalu gue gantung di jendela kamar. Hasilnya? Walaaaaa…. Gue bisa konsetrasi. Walaupun Cuma 30 menit menit berikutnya hape udah telentang lemah ditangan gue
Ketika SMP, gue juga mengikuti bimbingan belajar. Nggak main-main, gue ikut bimbel semenjak gue kelas dua SMP di Primagama. Berkat ikut bimbel, gue jadi punya banyak temen sampe sekarang.

BETAPAAAAA BAHAGIANYAAA PUNYA BANYAK TEMAAAN BETAPA SENANGNYAAAAA~~

Gue ikut bimbel kelas dua sampe kelas tiga SMP. Dan pada saat itu, gue belum mengenal yang namanya contekan buat UN. Yaaa gue yang pada saat itu masih polos masih nggak percaya sama hal-hal kayak gitu. Bahkan ketika gue liat temen yang duduknya sebrang gue dengan asiknya  nyatet contekan di tembok kelas-pun gue nggak merasa tergoda buat nyontek. Maklum masih polos.

Dan hasil UN gue……….. VOILAAAA! Cukup memuaskan, ditambah lagi nem UN gue dapet tambahan beberapa poin hasil dari sertifikat lomba yang gue lampirkan. Akhirnya, gue masuk SMAN 5 Depok dengan sangat mulus bertahan diposisi 40 sampe akhir penutupan pendaftaran.


SMA
Meike yaaang duluuuu bukanlah yang sekaraaaaang~~
Kalo tadi gue dengan bangganya bilang gue bersih dari contekan, sekarang saatnya pengakuan dosa. *play music serem*

Ujian nasional terakhir yang harus gue lewati sebelum masuk ke masa mahasiswa, entah kenapa gue ngerasa tekanan yang gue rasakan semakin berat. Semakin banyak ketakutan, semakin banyak kemungkinan-kemungkinan gagal, pokoknya takut. Akhirnya gue memutuskan pake kunci jawaban yang dibantu sama temen gue yang lainnya.

Malam sebelum UN berlangsung, jadi hari yang paling degdegan buat gue. pertama dari cerita cara transaksi kunci jawaban ke temen gue yang mengendap-endap kayak lagi ketemu agen narkobalah, desas desus ada polisi yang nyamar dipagi hari untuk mengawasi jalannya ujian lah, dan banyak lagi. 

Hal-hal ini akhirnya bikin gue nggak bisa tidur.

Gue memilih nanya kabar temen gue yang sedang’transaksi’ ini. Karna katanya kunci jawaban bisa turun beberapa jam sebelum subuh, jadi waktunya mepet banget!

Sampe akhirnya tiba pagi hari. Jam enam pagi gue udah siap berangkat kerumah temen gue tempat kunci jawaban di amankan. Karna desas desus polisi nyamar, akhirnya gue harus ikutan nyamar juga dong! Dari rumah pake seragam, begitu ada tempat sepi, gue ganti jadi pake baju tidur. Bodohnya, mana ada orang tidur pake sepatu sekolah warna item dan pake kaus kaki -__________-

Begitu sampe ruah temen gue, akhirnya gue nyalin jawaban 2 paket! 2 paket coy! Kelar nyalin, udah pake seragam lagi, gue ke alfamart beli susu buat ngilangin tegang, dan sampe di sekolah dengan perasaan yang nggak karuan.

Setelah segala pertarungan dengan diri sendiri itu kelar kahirnya gue bebas! Hasil ujian nasional gue hmm nilai gue jatuh disalah satu pelajaran yang emang gue benci sebenci bencinya firaun sama kaum muslim. Dipelajaran lain gue nggak bergantung sama kunci jawaban, buat sekedar pegangan aja. 

Begitu masuk pelajaran ini, gue nggak sanggup dan kayaknya gue harus pake. Akhirnya gue pake, dan hasilnya bener-bener mengecewakan.

Yaudahlah, hikmah dari nggak jujur mungkin emang kayak gini. Gue lebih percaya sama orang daripada diri gue yang jelas-jelas bisa berhasil naklukin ujian nasional dua kali dengan nilai yang gurih banget.


Dari cerita perjalanan gue lalu gue bandinggin sama adek gue. ada yang salah nih kalo nilai ujian nasional adek gue bisa rendah dan bikin nyokap bokap gue stress mau nyekolahin anaknya dimana.

Cuma satu kekurangan dua adek gue: mereka kurang usaha.

Teknologi dan kemudahan dalam mengakses dunia maya jaman gue dna jaman adek gue emang sangat beda jaman ggue, mau login friendster aja nyari warnet dulu. Ketika nemu warnet kebanyakan anak cowok juga bikin nggak nyaman. Dulu harga warnet satu jam lima sampe enam ribu, harga yang murah buat jaman searaang tapi sangat mahal dijaman dulu. Uang jajan gue aja pas SMP cuma lima ribu perak sehari.

Teknologi dan kemudahan dalam mengakses ini bisa jadi distraksi tersendiri kalo penggunanya nggak bijak, termasuk adek gue ini. Akhirnya mereka menyesal sama yang udah mereka lakukan.
Gue bertiga dari TK selalu masuk sekolah yang sama. TK, SD, SMP dan akhirnya pas SMA harus mencar.

Dimas akhirnya masuk SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan seperti yang dia mau dan Hani dia nerusin jejak gue, masuk SMAN 5 Depok dengan segenap pejuangan bokap dan nyokap gue.

Dari situ gue merasa jadi orang yang berutung karna selalu diberikan yang terbaik sama Allah dan Allah selalu memudahkan urusan-urusan gue. Gue belum termasuk golongan yang agamis banget, tapi Allah selalu ngasih gue jalan dan petunjuk.

Waktu gue mau masuk SMP 10, gue ditolak, akhirnya masuk SMP 14 dan gue ngerasa berkembang banget disana. Kemudian muncul statement di otak gue, “Kalo gue maksa masuk SMP 10, belum tentu gue kayak sekarang”

Lalu, waktu gue mau masuk SMA 1, gue ditolak lagi, akhirya gue masu SMA 5, lagi dan lagi gue ngerasa sangat berkembang disini. Statement di otak gue muncul lagi, “Kalo gue maksa masuk SMA 1, belum tentu gue kayak sekarang”

Terakhir, ketika mau masuk kuliah. Gue selalu mendamba berharap masuk FISIP UI. Semua hal tentang fisip ui selalu gue stalking cari tau dan akhirnya gue tau banyak tentang itu. Bahkan ketika lewat di gedung fisip ui gue selalu berdoa semoga Allah mentakdirkan gue bisa belajar disana. ALL I NEED IS ALL ABOUT FISIP UI. Hasilnya? Gue ditolak ketika coba SNMPTN dan SIMAK. Nangis lagi, ngerasa gagal lagi sama kayak yang gue alami pas masuk SMP dan SMA. Akhirnya gue masuk PNJ. Kampus yang bener-bener nggak penah terlintas di otak gue sedetik dan sedikit-pun. Tapi Allah ternyata mentakdirkan gue disini dan geu bener-bener ngerasa jadi orang yang beruntung bisa masuk sini dengan segala pengalaman yang gue alamin.


Ada pepatah yang bilang, “Allah memberikan apa yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan.” Gue sangat amat percaya dengan hal itu. Every cloud has a silver linings. Gue percaya.
Setelah gue menyadari itu semua, gue nggak pernah lagi merasa gagal atau mengutuk diri gue sendiri. Justru guue merasa jadi yang paling beruntung di dunia ini.



Well, semoga gue, dimas dan hani bisa sukses dengan jalan kita masing-masing. Semoga semua perjuangan bokap & nyokap dalam semua hal bisa gue dan adek-adek gue bales suatu saat nanti. Nggak akan setimpal pastinya, tapi senyuman diwajah bokap sama nyokap menjadi wujud doa gue yang udah dikabulkan sama Allah.


Komentar