Kuliah: Belajar, Sabar & Sadar

 Kuliah.

Kuliah itu nggak seindah yang dibayangin sama ana-anak SMA jaman sekarang.

“Duh, gue mau kuliah aja rasanya. Capek bangun pagi muluk.”
“Ah, gerah banget pake seragam, mau uliah aja biar bisa pake kaos”
“Aduh, enak banget sih kuliah, modal tabrakan sama cowok dipinggir jalan bisa langsung jadian.”
“Kuliah enak deh, lebih bebas gitu nggak kayak SMA, banyak aturan.”

Well guys, dulu gue juga pernah mikir begitu ketika gue ada di masa jenuh-jenuhnya sama sekolah gue.

SMA gue termasuk yang  ngeselin. Lo bayangin aja, masa kantin di gembok! Alhasil gue yang perlu banyak serat dan gizi dan bisa kelaperan kapanpun usus gue mau, merasa peraturan ini berat  banget. Sampe pada suatu saat, gue cabut kelas bareng 15 orang temen sekelas gue lainnya buat jajan dikantin. Pada saat yang bersamaan, guru gue dateng ke kantin dan sesuai dengan peraturan, doi ngunciin gue dan 14 temen sekelas gue lainnya didalam kantin.

Dengan mulut yang penuh dengan nasi, soto, ayam, batagor, siomay, kita coba buat melas-melas tai kucing yang berakhir dengan kita harus nunggu satu jam sampe jam istirahat tiba didalem kantin yang pintunya digembok. Yes!

Waktu SMA gue juga mikir, kayaknya lebih enak kuliah deh. Bebas banget gitu.

Ternyata pikiran gue salah…

Gue terjebak dikampus yang masuk jam setengah 8, pulang jam 2. Begitu terus sampe tali di topi toga pindah ke kanan.

Niat bangun siang pupus lah sudah. Bye bye pillow..

Di Kampus juga gue merasakan banyak banget hal yang nggak pernah gue rasain di SMA.

Beragamnya temen di kampus dengan berbagai sifat dan sikap yang ajaib bikin gue banyak belajar dan sabar.

Belajar apaan? Ya belajar gimana lo ngadepin orang lain.
Kalo lagi main sama si A, kita harus gini, bahasnya ini jangan bahas itu. Muka dua? Bukan, ini gimana caranya elo menempatkan diri lo dihadapan orang lain.

Sabar apaan? Nah, ini yang paling susah. Sabar. Sabar ngadepin orang yang sifatnya susah banget buat ditoleransi. Ada yang nggak mau kalah, ada yang penjilat, ada yang muka dua, ada yang deketin tapi cuma nyari informasi buat bahan gossip dan banyaaaaak lagi.



Entah kenapa ada orang yang ‘menawarkan’ diri buat jadi bahan gunjingan orang lain. Menawarkan diri disini maksud gue adalah dia yang bawa diri dia sendiri kedalam sebuah masalah yang bisa nimbulin presepsi banyak orang. Nah loh, susah nggak tuh nangkepnya haahaha.

Selain itu, tipikal orang yang nggak mau kalah dan nggak mau salah juga super duper ngeselin. Semua hal di anggep salah. Parahnya setelah tau ternyata yang dia anggap salah itu bener dan argument dia jelas-jelas salah, dia tetep nggak mau minta maaf. Gengsinya setinggi penggaris butterfly, bro.

Dikelilingi orang macem begini yaa cuma bisa sabar dan sadar. Sadar kalo nggak semua hal bisa sesuai dengan apa yang lo mau. Sadar kalo secara tidak langsung mereka mewarnai kehidupan lo.


Kadang gue juga suka mikir, kira-kira sifat gue yang gimana yaa yang jadi bahan pembicaraan orang disekitar gue…

Komentar