Dokter Bedahan

Ding ding pak ding ding oooyy…
Ding ding pak ding ding……






Lagu daerah itu selalu menggema di telinga gue sampe saat ini. Lagu daerah itu mengingatkan gue pada masa gue TK dulu.

Gue masuk TK waktu gue berumur 4 tahun. Usia yang masih sangat muda, Meike versi belum ada dosa, Meike versi belum ngerti Slurpee apalagi Green tea. Pada waktu itu gue masih jadi cewek kecil yang tomboy kalo dipakein gelang sama kalung tiba-tiba entah ngilang kemana. Maklum, anak pertama jadi masih gemes-gemesnya. Meike versi TK udah di anugerahi porsi tubuh yang rada-lebih-besar daripada ABT (Anak Baru TK) seusianya. 

Ternyata anugerah itu gue dapetin sampe sekarang.

Gue versi kecil seinget gue peciciln banget. Nggak bisa diem dan ceriwis. Satu lagi, suka makan bayem. Sekarang boro-boro makan sayuran, ngeliatnya aja tenggorokan gue udah ngerasa seret.

Gue waktu kecil emang bisa dibilang rada ajaib. Nyokap pernah cerita, dulu gue suka banget ngomong sama semua barang yang gue punya. Bahasa Jawa-nya ‘ngeromet’ gue bisa berjam-jam ngobrol ngalor ngidul sama boneka susan gue yang waktu itu pake baju warna biru tua dan berambut panjang dengan topi dikepalanya.

Sampai pada waktunya, gue  ngomong sama radio dirumah gue. iya, gue ngomong sama radio. Dari dulu gue emang suka nyanyi, jadi gue rada excited juga waktu ada radio dirumah. Sampai pada akhirnya, sangking sayangnya sama radio, waktu gue minum susu pake sendok, radio itu-pun nggak  kelewatan gue suapin susu. Aku baik ya?

Dari kejadian nyuapin-radio-minum-susu itu gue masih nggak ngerti sampe sekarang, waktu kecil gue anak yang terlalu kesepian atau terlalu nggak punya kerjaan. Tau gitu waktu kecil gue kerja aja, bagi-bagiin flyer jual motor dipinggir jalan. Ihik

Tapi anehnya, radio itu tetep bertahan loh sampe sekarang! Ya, iya sih udah beberapa kali keluar masuk service, tapi berkat susu, si radio jadi punya system imun yang kuat. 

HORASSSS SUSU!!!

Skip skip, balik lagi ke masa-masa gue di TK. Sebenernya gue nggak terlalu inget apa aja yang udah gue lakuin di TK. Tapi yang paling gue  inget adalah………..gue jaman TK sungguh amat sangat kreatif tak tertandingi. Gue jaman sekarang? Cupu abis!

Gue liat beberapa sertifikat yang gue dapet dirumah, beberapa kali gue pernah ikut lomba mewarnai dan lomba gambar di Ancol. Dulu, sangking sukanya gambar bokap nyokap gue beliin meja lipet yang lagi hits banget di era ABT tahun 1999.  Meja lipet gue bergambar Barbie tapi muka masa kecil gue nggak melambangan keimutan. Ibaratnya kayak preman cilik mau tawuran bawanya peniti. Nggak keren abis. 
Entah kenapa disitu gue bisa gambar atau mewarnai dan kenapa kreatifitas gue ilang begitu masuk SD. Di SD, setiap ada tugas gambar gue Cuma bisa gambar dua buah gunung, matahari ditengah, awan yang bentuknya kayak cacing lagi hara-kiri, sama ada jalanan yang membentang sampe batas kertas. Selalu itu dan selalu itu. Kadang kalo guelagi mood, gue kasih sawah sama rumah. Gue jadi penasaran apakah ketika lomba itu gue gambar gunung dua dengan matahari ditengah dan jalanan atau gimana…

Atau jurinya menilai gue reatif sambil bilang, “Waaaaah, anak ini kreatif sekali walaupun otaknya rada gesrek kebanyakan minum temulawak.”

Jaman TK, ternyata gue nggak bisa menghindari diri gue dari yang namanya gossip. Jadi gini ceritanya, dulu pas jaman TK gue sering main sama dua cowok temen TK gue. Namanya Ije & Dea. Sampai pada akhirnya, tetangga sebelah rumah gue namanya kak Ayu, mengendus berita yang-annoying-ini. kak Ayu ini termasuk temen main gue dirumah usia gue dn dia berpaut 5 tahun. Akhirnya, gue sering diledekin sama kak Ayu ini. Puncaknya, karna dulu gue punya papan tulis kapur, dia menulis sebuah kalimat kampret dibalik papan tulis kesayangan gue itu:

Putri  love Dea.


GLEKKK.


Cuma tiga kata. Entah kenapa dulu gue bacanya jadi
Putri love aGHJGEWYUGDHJBGHgygywgduy wegdhwgbdjajhdjw quyeuyyuefgdjfdhj ajdiwuiyqydugdhbfk.

Sekesel keselnya sampe segitunya. Maklum anak kecil. Lope-lopean masih tabu. Kalo sekarang diledekin makin seneng, apalagi diledekin sama orang yang beneran gebetan. 
Uhuyyyy!

Kisah cinta gue selama TK hanya sebatas ledek-ledekan kampret yang bikin gue kesel.

Hal lain yang paling gue inget pas TK adalah pas gue mimisan.

Jadi dulu seragam gue pas TK itu pake baju semacem kemejja warna putih, rok pendek putih, dasi dan rompi warna soft oren gitu. Dulu keliatannya imut-imut banget gue pake seragam kayak gitu. Kalo sekarang gue pake kayak gitu, yang ada diteriakin, “mbak, minta bill-nya ya.”



Jadi waktu itu entah lagi pelajaran apa tiba-tiba gue mimisan. Gue masih inget banget pertama kalinya dalam hidup gue melihat darah segar warna merah (anyway ternyata gue bukan keturunan daraah biru) ngalir deras banget dari hidung gue. mungkin dulu gue mikirnya, “Waaah, hidung aku menssss. Bu guruuuu minta sopteeeek.” Untung gue nggak sebego itu.

Darah mulai ngalir ke baju gue yang tadinya warna putih jadi ada perpaduan merahnya. Gue cuma bisa bengong dan akhirnya guru-guru gue langsung panik ngelapin darah anak tk yang mens dari hidung mimisan.

Dengan segala kenangan di TK yang kayaknya-kurang-menyenangkan, akhirnya gue memutuskan untuk melanjutkan ke SD. Dulu umur gue masih 5 tahun, gue nyaris ditolak sekolah SD karna umur gue yang katanya kurang. Huft aku butuh SD yang menerima kekuranganku, nikahi aku mas! Nikahi!

Skip skip….

Waktunya perpisahan di TK. Seperti sekolah-sekolah gaul-tapi-di-desa lainnya, TK gue menggadakan perpisahan yang cukup meriah. Ada panggungnya! Wuih, pasti keren nih. Kalo ada panggungnya pasti keren deh!

Tapi kebingungan dan kekerenan itu musnah begitu gue menduduki SD kelas  dan gue liat foto-foto perpisahan TK gue. entah gimana ceritanya kenapa gue bisa tampil sebanyak ini??? kenapaaaaa… kenapaaaa…. Bahkan sampe detik ini gue nggak sadar, gue menyuguhkan banyak banget bangeeeeeet penampilan pas perpisahan.

Jadi giini, gue ceritain satu-satu ya…

Foto 1:
Gue terlihat memakai baju rombe-rombe dibagian tangan dan joget-joget entah joget apa. Kayaknya disini gue nari colourfull banget. yang gue ingett, seharusnya gue nari berlima temen-temen gue dengan baju yang sama. tapi, karna badan-gue-yang-menguap-kemana-mana jadinya kostum yang tadinya sama, jadi gue sediri yang beda. oh thank, God..

gue yang tengah yak. bajunya beda sendiri.



Foto 2:
Gue pake baju ala gatotkaca dan srikandi. Disitu gue berperan sebagai gatotkaca yang entah kenapa gue malah keliatan kayak anak kecil, cewek, kumisan, berantem sana sini. Heran.

Gue malah mirip gatotkaca kuntet.


Foto 3:
Gue pake kerudung warna coklat! Dan gue nyanyi. SAY WHAAAAAT? G U E N Y A N Y I. Kebayang nggak tuh gue nyanyi apaan. Biasanya gue nyanyi sama radio, iini gue nyanyi diatas panggung yang banyak orangnya. Kayaknya gue kebanyakan ngelem nih pas jaman TK… btw yang nonton, semoga sampe sekarang telinga kalian tetep berfungsi.

gue yang paling depan


Foto 4:
Disini adalah perpaduan kostum gue di foto nomer tiga. Jadi kostum rombe-rombe ini harusnya gue pake nyanyi, tapi karena kejadian ukuran-badan-gue-yang-menguap akhirnya gue dua kali pake baju ini.



Foto 5:
Di foto ini gue nari sekaligus nyanyi dengan baju yang sama. Gue pake baju merah adat padang lengkap dengan topi segitiga dan dengan rok kebaya gitu. Nggak-nger
ti-lagi.
Jadi, pas di foto 4 ini gue inget banget. MC di acara perpisahan gue itu Ginanjar, nah pas gue selesai tampil dia wawancara gue (((AIH WAWANCARA))). Mungkin om Ginanjar ini bingung juga ada buntelan bantal yang bisa lincah joget sana sini.



Dia nanya ke gue:
“Namanya siapa?”
“Putli om.” IYA OKE GUE CADEL.
“Oh Putri, cita-citanya kalo udah gede mau jadi apa?”
“Jadi doktel, om.” IYA IYA CADEL LAGI.
“Wah, mau jadi dokter apa?”
Dengan pede-nya gue jawab, “DOKTER BEDAHAN, OM.”

Semuanya pada ketawa. Penonton ketawa. Guru gue ketawa. Jodoh gue ketawa. Eh, lo ketawa juga  nggak???



Jadi yang gue maksud itu dokter bedah sob, tapi entah kenapa waktu itu gue bilangnya malah dokter bedahan. DAN KEBETULAN, bedahan itu nama desa dideket rumah gue.
Kacawww…. Gagal keren.


Setelah perpisahan dan tragedy dokter-bedahan itu, gue resmi jadi anak SD coooooy!! Yihaaaaa!

Tapi sayangnya dulu belum ada pilox. Akhirnya gue coret—coret baju pake pensil. Pensil yang belom diraut.

Sampe sekarang pertanyaan om ginanjar masih terngiang dikepala gue.
Dulu “Nanti pengen jadi apa?”merupakan pertanyaan yang mudah dan bisa dijawab dengan riang gembira seperti apa yang gue jawab dulu.
Dulu gue pengen jadi dokter, karna profesi yang gue tau pada waktu itu Cuma dokter, mentok-mentok polisi. Jaman dulu belom ada buzzer atau bloger, sih.
Dan kalau sekarang gue ditanya, “nanti mau jadi apa?”


……………..entahlah gue harus jawab apa.
Semakin bertambah umur, semakin banyak pertimbangan.
Semakin banyak hal yang harus dipikirkan atau bahkan dikhawatirkan.
Cita-cita menjadi dokter gue udah terkubur hilang sejak SD.
Sekarang gue harus menyiapkan jawaban dari pertanyaan itu.

Pertanyaan tersulit yang harus gue jawab, di umur gue yang sekarang.





*picture will be update, as soon*

Komentar