Selamat Hari Ibu, Ma...

Nggak bosen-bosen gue nulis tentang mama. 
Nulis betapa bangganya gue punya mama disini Selamat Hari Ibu, Mama.. (2013) dan tahun ini gue mau cerita lagi disini.

Banyak yang bilang gue ini tipikal orang yang ekspresif, satu hal yang mereka nggak tau….gue susah mengutarakan rasa sayang gue ke orang lain. Oke, jangan ngomongin cowok dulu deh, jangaaan… karena ini moment nya tanggal 22 Desember, it meaaans, hari ibu jadi gue mau ngomongin tentang Ibu.

Karna ketidak-mampuan gue mengucapkan kata sayang, kadang gue hanya bisa menunjukan melalui tindakan. Yaaa mungkin terkadang tindakan gue nggak bisa bales setimpal dengan rasa sayang mama ke gue.

Gue paling suka ngeliatin mama pas lagi tidur. Disaat dia lagi tidur kayak gini gue membayangkan banyaaaak banget hal. Terlintas dibenak kenangan-kenangan sama mama yang pernah dialamin, gue memandang lagi kearah rambutnya yang mulai timbul sehelai demi helai rambut putih yang  menandakan mama nggak muda lagi, gue memandang kearah kulit mama yang nggak lagi sekuat dulu tangan mama yang selalu terasa hangat tetapi mulai muncul kerutan demi kerutan yang membuatnya tak sekuat dulu.

Gue emang selalu over-sensitive kalo ngomongin nyokap. Baca tulisan atau nonton film yang berhubungan sama perjuangan nyokap untuk anaknya, pasti gue nangis.

Kalo di inget-inget lagi, kasih sayang mama bener-bener nggak ternilai dan terhitung banyaknya.
Mama adalah sosok mama yang paling idaman. Mama nggak mau anaknya sedih ataupun kesusuahan, mama justru lebih memilih sakit daripada anak-anaknya yang sakit.

Gue juga pernah bikin nyokap khawatir dan nangis. Kalo gue pergi dan tiba-tiba nggak ada kabar dan gue lupa ngabarin mama, dia pasti sangat amat khawatir dan Cuma bisa nunggu gue dirumah dengan nangis sesenggukan. Gue jadi sangat merasa bersalah waktu itu, tapi bodohnya gue ulangin hal itu lagi. Maaf ma… maaf.

Setiap kali gue sakit, pasti nyokap yang selalu nemenin gue begadang sampe gue tidur. Padahal nyokap tipikal orang yang nggak bisa tidur larut malem. Terutama pas gue cacar terlihat banget gimana sayangnya nyokap ke gue. diantara kelarga gue, Cuma dia yang selalu nemenin gue, balurin bedak ke badan gue, ngolesin salep ke badan gue, tanpa sedikitpun takut ketularan atau takut ikut-ikutan sakit.

Mama…. Gue tau sebenernya dia sangat berat hati untuk ngizinin gue ngekos, karena dia takut gue kenapa-kenapa. Setiap senin pagi, gue mau berangkat kuliah dan ke kosan, setiap gue salim pasti mata mama berkaca-kaca bahkan pernah beberapa kali mama nangis pas gue pergi kekosan.

Selama gue ngekos, Cuma mama yang selalu takut gue telat makan, yang selalu khawatir gue cuma makan di warteg pake lauk seadanya yang nggak ada rasanya, yang nggak pernah absen telepon atau sms untuk nanyain kondisi gue, yang selalu bangun pagi buat nyiapin bekel gue dikosan, Cuma mama Cuma mama Cuma mama…

Mama selalu inget sama anak-anaknya setiap makan makanan kesukaan anak-anaknya. Pernah suatu saat mama cerita, dia dikasih beberapa potong bebek H. Slamet kesukaan gue, karna mama tau gue suka banget sama bebek, jadi mama mengurungkan niatnya untuk makan siang dan memillih bungkus beberapa potong bebek itu buat dibawa pulang dan dimakan bareng keluarga.

Gue yang denger ceritanya langsung speechless nggak bisa ngomong apa-apa lagi. Mama selalu hemat pengeluaran untuk dirinya sendiri, dan lebih memilih uang itu digunakan untuk kebutuhan anak-anaknya. Lagi-lagi gue Cuma bisa tertegun diam.

Mama juga kakak yang baik untuk kelima adiknya. Dengan segala permasalahan yang ada dalam kehidupan, mama tetep merangkul dan  menyayangi adiknya tanpa batas. Gue salut banget sama mama.

Dan ini adalah salah satu postingan yang sangaaaat sulit buat gue ketik kata per-kata. Baru paragraph pertama aja gue langsung mewek sesenggukan nggak kuat nahan air mata karna gue terlalu asik mengingat segala macem kenangan sama mama.

In the end, selamat hari Ibu, Ma..

Suatu saat nanti kalo mama baca postingan ini, semoga mama tau betapa sayangnya Putri sama mama kemarin, sekarang, besok dan sampai kapanpun.



I love you, Ma…
Putri sayang Mama…


Komentar